Thursday, February 22, 2018

solusi mengatasi HP android yang tidak bisa menggunakan layanan internet setelah mengganti kartu internet yang baru.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kalau menurut pengalaman saya yang bekerja di counter HP dan penjualan kartu internet, pelanggan saya pernah balik lagi karena setelah membeli kartu internet di tempat saya, dan menggunakan nya di hp, ternyata kartu tidak memunculkan sinyal internet, ada dua penyebab kenapa itu bisa terjadi
  1. pertama bisa karna jaringan, kalau sudah karna jaringan, kita tidak bisa melakukan apa-apa, kecuali hanya bisa menunggu. 
  2. karna pengaturan handphone.
Berikut ini adalah cara-cara saya mengatasi permasalahan tersebut, jika karna pengaturan handphone.
  1.  Hal pertama yang kita harus lakuin yaitu, cek kuota internet, hanya untuk memastikan kartu yang kita gunakan memang benar kartu internet dan sekalian kita melihat kuota yang ada di dalam kartu tersebut sesuai dengan apa yang kita beli.
  2. Cek data seluler yang ada di handphone kita sudah di aktifkan atau belum.
  3. Kita lihat di pengaturan handphone di bagian penggunaan data, apakah kita menetapkan batas data seluler, jika ada, nonaktifkan itu.
  4. Jika kita lihat setelan jaringan seluler dan di pilihan roaming data, jika terlihat nonaktif, lebih baik kita aktifkan walaupun jika kita nonaktifkan juga tidak apa-apa.
  5. Jika teman-teman menggunakan kartu internet dari telkomsel dan tidak bisa menggunakan layanan internet, mungkin data roaming kartu anda belum di buka dan untuk membuka roaming data dari telkomsel, coba melakukan panggilan dengan mengetik, *266*6*2# call/ok dan akan langsung di proses oleh operator.
  6. Cek jenis jaringan apa yang suport di wilayah kalian dan di handphone kalian, jika layanan internet di handphone kalian menggunakan 3G/wcdma only, sementara jaringan sedang gangguan dan hanya bekerja di jaringan 2G/Edge atau jika di handphone kalian menggunakan 4G/LTE sementara wilayah kalian belum mensuport jaringan tersebut. jelas dari permasalahan di atas sudah di pastikan kalian tidak bisa menggunakan internet. saya sarankan jika kalian tidak bisa menggunakan internet coba untuk ke pengaturan handphone, setelan jaringan seluler, jenis jaringan yang di pilih, cobalah untuk pilih GSM/WCDMA/LTE, karena jika jaringan sedang ganguan, handphone akan otomatis memilih jaringan apa yang bisa di gunakan.
  7. Cek di sim berapa kalian meletakan kartu internet, di sim satu atau di sim dua. dan tetapkan data seluler di sim satu jika kalian meletakan kartu internet di sim satu.
  8. Cek pengaturan APN (Access Point Names atau Nama titik akses) sudah di ceklis atau belum jika belum berarti kalian harus menceklis hal tersebut, dan jika kalian pernah merubah atau mengedit jalur akses di APN, lebih baik kalian reset ke default APN tersebut, dan ceklis kembali.
  9. Coba cek operator jaringan dan biarkan handphone anda mencari jaringan yang tersedia dan setelah operator berhenti mencari, pilih jaringan yang sesuai dengan kartu internet yang kalian pakai.
  10. Coba ke peraturan handphone dan aktifkan Modus pesawat untuk handphone merefres jaringan yang kalian pakai setelah itu noaktifkan kembali Modus pesawat.
  11. Dan langkah terakhir cobalah restat atau mulai ulang handphone kalian.
catatan:
jika kalian sudah mencoba cara di atas tetapi tidak membuahkan hasil, tidak ada salahnya kalian mencoba memindahkan kartu internet yang kalian pakai yang awal nya dari simcard dua pindah ke simcard satu, dan ulangi cara di atas.

Terimakasi sudah meluangkan waktu nya untuk melihat blog saya, mohon maaf jika ada penulisan yang salah dan apa bila ada yang kurang jelas dan mempunyai saran yang lain silahkan kirim komentar dan kita berbagi pengalaman.


 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

No comments:

Post a Comment

istanausaha