Saturday, March 3, 2018

Tips lengkap dan cara Jitu membeli Android bekas.

Masih bingung beli android baru atau bekas, kalau beli baru hanya bisa dapat spesifik yang rendah sementara beli yang bekas bisa dapat spesifikasi yang sedikit lebih tinggi, tapi kebanyakan orang masih Ragu jika membeli Android yang bekas, karna bisa jadi android yang di beli hanya bagus diluar tapi tidak bagus di Software nya atau Bagian dalam lain nya. Sebenar nya gk ada salah nya membeli android yang bekas karna dari segi uang jauh lebih murah dan uang nya bisa di pakai buat beli soft chase atau pun membeli paket, tapi sebelum kita membeli android yang bekas kita harus tau dulu tips nya agar tidak tertipu ataupun menyesal.
Berikut ini adalah tips dari saya
Cek kondisi Bodi/fisik HP Android yang di beli
  • ini adalah hal yang paling mendasar untuk memeriksa kualitas android/smarthphone, periksa layar, casing bagian samping berapa banyak kelecetan nya, ada gak keretakan nya dan juga kondisi fisik menentukan harga dari android tersebut.
Fungsionalisme
  • cek dengan detail Tombol Fisik yang ada di Hp seperti tombol Power, Volume up/Down, Home, fungsi Camera, speaker, microphone dan cobalah melakukan panggilan, juga Cek kabel usb port yang digunakan.
Simcard dan Slot Memory external
  • Cek fungsi slot dari Simcard dan kartu memori apakah berjalan dengan baik.
Cek Berat/Bobot dari Hp tersebut
  • jngan sampai kalian membeli Hp yang terlalu ringan padahal spesifikasi nya tinggi, pastikan berat/bobot Hp sama dengan yang ada di Dusbook/Website
Cek Kartu Garansi
  • tanyakan pada penjual apakah Hp nya masih memiliki Garansi atau tidak dan tanyakan juga jenis garansi apa yang di pakai dan cara mengclaim Garansi tersebut, ada beberapa contoh jenis garansi di Hp.
  • 1 Garansi resmi : Garansi dari produsen selaku pemilik dan pemegang merk dagang di seluruh dunia, agar setiap customer merasa terjamin ketika produk mengalami kendala / kerusakan. Garansi resmi diberikan kepada perusahaan / distributor resmi di kota-kota besar untuk memasarkan produk dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  • 2. Garansi distributor : Garansi dari distributor yang membawa masuk produk ke Indonesia. Jika produk mengalami kerusakan, garansinya akan ditangani oleh service center yang tertera di kartu garansi, bukan service center resmi. Kegiatan penjualannya juga bersifat legal karena membayar pajak serta mempunyai ijin Dirjenpostel Indonesia.
  • 3. Garansi Internasional / Garansi Toko : Garansi dari toko / penjual produk dengan durasi tertentu, sesuai dengan yang tertera pada info detail produk. Semua produk berlabel garansi internasional merupakan barang asli, namun tidak dilengkapi buku panduan (manual) berbahasa Indonesia.
cek keutuhan Segel atau pastikan HP belum pernah di service
  • Lihat di bagian segel penutup baut, masih utuh atau tidak, karna  Hp yang masih bersegel kondisi penutup baut nya masih dalam keadaan utuh atau cium bagian belakang Hp apakah ada bau dari solder, Coba buka casing dan komponen baterai di situ akan terlihat kondisi segel dan baut dari Hp tersebut.
Cek kondisi baterai
  • pastikan baterai masih original dan tidak mengembung.
Cek panggilan keluar
  • cobalah melakukan panggilan menggunakan Hp tersebut dan pastikan suara terdengar dengan baik begitupun dengan lawan bicara kita.
Coba lakukan pengetesan Sederhana
  • Coba Ketikan *#*#0*#*#* ok/call, Kode ini bertujuan untuk memeriksa layar, setelah kalian menekan kode ini akan muncul beberapa tombol pilihan Red, Green, blue, Receiver/White, Vibration/Black, Dimming, Megacam, Sensor, touch, Sleep mode, Speaker dan Sub key.
  • *#2664#  ok/call. Kode ini juga Berfungsi untuk memeriksa kondisi layar, setelah menekan kode, layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan geser/gerakan, garis merah akan muncul Apa bila anda menarik garis dan ada yang putus berarti ada masalah dengan layar ponsel anda.
  • *#2663#  ok/call Touch Screen Version. Pada menu ini terdapat info touch Screen Firmwire Version, dan ada pilihan untuk update secara online.tetapi  jangan coba-coba klik update touchscreen karena kebanyakan Pengguna setelah mengklik update touchscreen tiba-tiba layar sentuh tidak berfungsi.
  • *#0673# ok/call, Melody Test. Kode ini untuk memeriksa speaker, Setelah menekan kode ini akan muncul pilihan Speaker-ON, Receiver-ON, Headset-ON Left, Headset-ON Righ, Receiver-Headset-ON left, Receiver-Headset-ON Right, off dan exit.
  • *#0842# ok/call, Device Test. Kode ini berfungsi untuk memeriksa kemampuan Getaran Hp. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Of, Auto untuk mencoba Mode getar pada Hp.
  • *#*#4636#*#* ok/call, Testing. Kode ini Berisikan Menu informasi Hp, informasi Baterai, menampilkan statistik penggunaan Hp dan aplikasi, juga mengetahui infomasi tentang Wifi.
  • *#232337# ok/call, Bluetooth Test. jika kalian memasukan kode ini akan tampil Bluetooth Device address.
  • *#44336# ok/call, Version. Kode ini berfungsi untuk menampilkan informasi versi Firmwire Hp, waktu pembuatan Hp dan changelist.
Pastikan Fungsi sinyal Berjalan dengan Normal
  • Coba Cek kekuatan Sinyal yang kalian beli apakah sesuai dengan spesifikasi yang ada di Dusbook nya.
Cek kelengkapan HP tersebut.
  • Walaupun menurut saya ini tidak penting, tetap kalian harus menanyakan kelengkapan Hp seperti Dusbook, charger dan headset masih original atau tidak, tetapi jika HP yang ingin kalian beli tidak lengkap atau hanya HP nya saja, cobalah untuk bernego harga dengan sang pembeli.
Cek IMEI HP
  • Pastikan nomor imei di Hp yang kalian beli sama dengan nomor Imei di Dusbook nya. Bisa di cek di *#06# dari Hp tersebut atau kalian bisa melihat ke aslian Hp yang kalian beli dengan mencocokan nomor EMEI di website
  • untuk Xiaomi dan untuk android yang lain di sini cek Imei 
Cek spesifikasi Hp yang kalian beli
  • Sebelum kalian membeli android bekas, pastikan dahulu kalau spesifikasi nya sama persis dengan apa yang ada di Dusbook atau website resmi nya,  Cek keseluruhan cpu, kapasitas ram, dan mode koneski internet yang digunakan, kualitas kamera, dan bagian layar. Anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan hp android atau di aplikasi nya CPU Z 
Cek Harga pasar
  • pastikan Harga Hp yang kalian beli Sesuai dengan Spesifikai dan Harga pasaran nya, Dan Harga nya tidak terlalu murah apa lagi mahal dan jangan tergiur dengan Harga yang terlalu murah Bisa jadi Replika/tiruan.
Pastikan anda teliti sebelum membeli.

No comments:

Post a Comment

istanausaha